Informasi Dan Manajemen

Informasi Dan Manajemen
Sistem komputer sangat penting dalam dunia bisnis dan perdagangan, dan pemahaman tentang teknologi komputer merupakan suatu keharusan dalam memahami sistem informasi.

Yang lebih penting bagi para manajer daripada pengetahuan tentang teknologi komputer adalah pengetahuan tentang sistem informasi yakni sistem yang diciptakan para analis dan manajer guna melaksanakan tugas khusus tertentu yang sangat esensial bagi berfungsinya organisasi. Tugas ini berkisar sejak pengolahan data yang sederhana, seperti menyiapkan tagihan kepada pelanggan, hingga kecanggihan analisis yang digunakan para manajer untuk menyiapkan basis kegiatan organisasi.

Untuk itu pengetahuan sistem informasi yang diperlukan manajer dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, yaitu :

1.Pengolahan data bisnis. Sebagian organisasi bisnis mengolah data dalam jumlah yang sangat banyak, serta melakukan berbagai jenis transaksi bisnis. Untuk itu jelas diperlukan pencatatan dan pengolahan transaksi tsb dan kegiatan ini dikenal dengan pengolahan data bisnis.

2.Sistem informasi manajemen. Para manajer di berbagai tingkatan sering menerima ringkasan laporan transaksi bisnis, maupun data terinci dan ekstensif tentang berbagai kegiatan lain. Untuk itu diperlukan sistem informasi yang ekstensif dan rumit, yang mampu memuaskan keperluan manajer akan informasi.

Subscribe to receive free email updates: