Pengertian Borland Delphi

Mengenal Borland Delphi
Ide munculnya Delphi sebenarnya berasal dari bahasa pemrograman yang cukup terkenal yaitu Pascal. Bahasa Pascal sendiri telah diciptakan pada tahun 1971 oleh ilmuwan dari Swiss, yaitu Niklaus Wirth. Nama Pascal siambil dari ahli matematika dan filsafat dari perancis yaitu Blaise Pascal (1623-1662).

Sejak saat itu muncul beberapa versi Pascal diantaranya Turbo Pascal yang dirilis oleh Borland International tahun 1983. Turbo Pascal yang muncul pertama kali hanya dapat dijalankan disistem operasi DOS. Namun dalam perkembangannya Borland International juga merilis Turbo Pascal yang berjalan di Windows 3.x yaitu Turbo Pascal For Windows.

Karena pemrograman Windows dengan Turbo Pascal masih dirasa cukup sulit, sejak tahun 1993 Borland International mengembangkan bahasa Pascal yang bersifat Visual. Hasil dari pengembangan ini adalah dirilisnya Delphi 1 pada tahun 1995.

Perkembangan Delphi tidak berhenti sampai di situ, tahun berikutnya 1996, Borland merilis Delphi 2 untuk Windows 96/NT.

Dalam tahun-tahun berikutnya, Borland Delphi merilis beberapa versi pengembangan Delphi sehingga kita mengenal Borland Delphi 6 untuk bahan perkuliahan ini.

Borland Delphi adalah bahasa pemrograman yang bekerja dalam lingkup MS-Windows yang merupakan pengembangan bahasa Pascal yang bersifat visual. Borland Delphi dapat memanfaatkan kemampuan MS-Windows secara optimal. Kemampuannya dapat dipakai untuk merancang program aplikasi yang berpenampilan seperti lainnya berbasis MS-Windows. Khusus untuk pemrograman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas objek yang sangat kuat dan lengkap, sehingga memudahkan programmer dalam membuat program untuk aplikasi database. Selain menyediakan format dabase sendiri, yaitu format database paradox dan dBase, Borland Delphi juga dapat menangani berbagai macam format database, antara lain MS-Access, ODBC, SyBASE, Oracle dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates: