Satuan Pendidikan      : SMA ……………………
Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Kelas/ Semester           : XI / II
Pelajaran Ke                : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 Menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kopetensi      : Kontra persi pita suara
Kompetensi Dasar       : Menyusuaikan calar suara dengan
beberapa lagu tradisi
Indikator
1.     
Memilih calar suara
2.     
Tehnik bervokal
3.     
Mengidelisasikan calar
dengan vokal hidup
4.     
Menentukan lagu tradisi
Karakter
yang diwujudkan
1.     
Menstabilisasikan vokal
2.     
Mampu berimpropisasi
3.     
Mengindahkan bernyanyi
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran Siswa
mampu dan dapat :
1.     
Memiliki teknik pengeluaran
suara
2.     
Menseimbangkan bersuara dan
bernafas
3.     
Menentukan secato
(tempo-tempo renda dan tinggi)
Materi
Pembelajaran
Suara yang baik
adalah bersumber dari pola aktifitas sehari-hari, seperti makan dan minum
istirahat yang tepat serta rutinitas berlatih.
Model
Pembelajaran
 Kegiatan Pembelajaran
| 
A 
B 
C | 
Kegiatan Awal | 
Karakter yang akan diwujudkan | 
Alokasi Waktu | 
| 
-         
  Pra pembelajaran 
Guru mengkondisikan kelas untuk
  pembelajaran (berdo’a memberikan salam dan memperhatikan kelas) 
-         
  Apersefsi (Pretes) 
Mengikatkan kembali materi yang
  telah lalu 
-         
  Motifasi 
Menginformasikan kompetensi yang
  akan dicapai 
Kegiatan Inti 
-         
  Eskplorasi 
Peserta didik mengenal vokal hidup 
-         
  Elaborasi 
Peserta didik rutin bernyanyi
  dengan kapasitas yang cukup dan benar 
-         
  Konfirmasi 
Peserta didik memahami
  pelebek-pelebek pada setiap lagu 
Kegiatan Akhir 
-         
  Peserta didik menyanyikan lagu secara medlay | 
-         
  Relegius 
-         
  Terampil 
-         
  Tanggung Jawab 
-         
  Cinta Ilmu | 
Media Pembelajaran
1.     
Papan Tulis
2.     
Spidol
3.     
Beberapa buku yang
berhubungan dengan kontra peksi pita suara
Medan,       Januari 2013
Mengetahui,                                                                                        Guru
Bidang Study
Ka. SMA ……………………
…………………………                                                                    …………………..